Shelbyra Fitri "다비치"

"God grant me the serenity to accept the things I cannot change; courage to change the things I can; and wisdom to know the difference"

Dear Dee-dee,
Sebenarnya sudah pengen cerita dari pas gw ngurus perpanjangan passport online pas tgl 20 Juni kemarin, cuma gw masih belum menemukan mood untuk nulis (baca: ngetik)..

So this is the time I write, let's start it : ) *sok inglish
Dari jauh" hari gw sudah mengajukan ijin ke kantor gw yg sekarang untuk pengajuan perpanjangan passport dan gw minta ijin setengah hari karena mungkin jika gw datang pagi", gw bs menyelesaikan proses" yang seharusnya di kanim (kantor imigrasi) jakut lbh cepat dikarenakan berdasarkan info" yg gw baca via paman gugel, klo pengurusan passport baik yg baru atau perpanjang lebih cepat pengurusannya bila melalui jalur online dan gw pun mencobanya..
Tgl 20 Juni gw berangkat dari rumah sekitar jam 6 pagi kurang dikarenakan gw masih buta lokasi kanim jakut yg berada di kelapa gading dan pas gw dtg antrian sudah mengular walaupun kanim tsb belum dibuka.

Kanim jakut berbeda dgn kanim jakpus dan jakbar yg pernah gw singgahi. Kanim ini terletak di komplek ruko dan berdiri dgn 3 ruko yang menyatu yg notabene sebelumnya adalah restoran. Sebagaimana yg gw tahu kanim jakpus dan jakbar berdiri dgn gedung milik mereka sendiri dan berdiri gagah, yah walaupun untuk kanim jakbar sudah agak kurang bagus untuk dilihat, mungkin karena sudah lama kali yah.

Gw pun akhirnya ikut ke dalam antrian panjang yg sebenarnya gw pribadi bingung, karena gw kan jalur online, moso gw harus ikut mengantri panjang gini terlebih info yg gw dpt katanya jalur online disediakan jalur tersendiri tp ya sud lah gw ikut saja dan itu sudah jam 6.30 dan antrian bnr" panjang.
Tak berapa lama saat menikmati sarapan bubur pagi yg gw beli diperjalanan, pihak kanim (baca : security) membagikan nomor antrian beserta lembar aplikasi pengajuan yang harus diisi dan ternyata memang jalur online tidak disediakan jalur antrian, hanya menyebutkan nama ke petugas, nanti dipanggil tersendiri.
Saat mengisi aplikasi isian tsb, gw lupa membeli materai dan penyertaan lembar kuning (perpanjangan passport) dan gw pun membeli di tukang foto copy yg ada disamping dengan harga Rp. 10.000,- (materai + lembar kuning).

*Info : sebaiknya membawa materai sendiri karena lembar kuning tsb ternyata disediakan gratis
Sekitar jam 8.30 nama gw dipanggil dan mengajukan berkas ke loket 1 untuk jalur online dan loket 2 jalur manual. Setelah mengajukan seluruh data, gw mendapat no antrian untuk membayar dimana no antrian tsb juga no antrian untuk foto dan interview.
Gw mendapat no 323 dan menuju loket 3 untuk pembayaran biaya perpanjang passport (biaya nya sama untuk passport baru) sebesar Rp. 255.000, dan saat gw mengantri untuk foto dan interview, di loket manual masih di no 11, padahal kuota untuk pengurusan manual hanya 80 org saja, terbayang dong jam 8.30 di no 11 dan sangat lama hanya untuk pengajuan aplikasi beserta dokumen" yg diperlukan.
Jam 9 an kurang lebih gw pun akhirnya mengikuti proses interview dan foto dan masih saja ada calo yng memotong jalur gw tsb, pdhl jelas" ada tulisan di kanim "tidak diperbolehkan menggunakan calo" dan itu sepertinya permainan petugas nya jg, entah siapa
Proses foto berjalan sangat cepat dan bapak petugas nya sangat ramah dan menuju meja interview dan ditanya alasannya mau kemana, gw bilang aja mau ke Thailand (My wishes Dream in no 3) dan passport dapat diambil tgl 26 Juni 2013 jam 1 - 3.30 sore.
Gw tidak bisa mengambil passport yg sudah diperpanjang pada tgl 26 juni tsb, karena dlm bulan Juni gw sdh ijin 3 x, gak enak sm HRD yg baru .. Hihihi : P

So, gw mengajukan untuk pengambilan passport ke HRD gw di tgl 3 Juli 2013 jam 1 siang.
Note : Batas waktu pengambilan passport adalah 1 bulan sejak pengajuan
Tgl 3 Juli 2013 gw ke kanim jakut dan pengambilan passport hanya menunggu ± 5 menit dan pengecekan nama dan tanggal lahir dan petugasnya baik bgt...
Itulah sebagian pengalaman gw perpanjang passport via online di kanim jakut. Walaupun gedungnya hanya ruko 3 unit tp petugas"nya sangat ramah dan membantu.. Dan memang jalur online lebih cepat dikarenakan dari penguploadan data" membutuhkan waktu 2 minggu untuk datang ke kanim nya tsb.
Semoga membantu cerita gw ini dan selamat memberantas calo"... Hehehehe

0 komentar:

Post a Comment