Shelbyra Fitri "다비치"

"God grant me the serenity to accept the things I cannot change; courage to change the things I can; and wisdom to know the difference"

Bukan bermaksud mendiskreditkan
Tapi apa yang dibilang mereka hampir 8/9 tahun lalu itu masih saya iya-kan
Sampai saya pun berdebat dengan orang-orang yang jauh lebih paham saat menunggu Hamas datang di Lounge Blitz dengan menanyakan apakah ada kegiatan aksi nyata untuk anak-anak tidak mampu..dan mereka malah tidak memberi saya jawaban hanya perkataan aksi long march di jalan. Saya yang sendiri dan mereka bertiga masih kokoh bahwa apa yang mereka sebut adalah jihad.
Tapi bagi saya, jihad tidak perlu membawa anak-anak. Jihad atau Aksi tidak perlu dan belum saatnya membawa anak-anak yang masih belum tahu hal itu, mbok saya aja masih belum paham arti jihad atau aksi tersebut
Kalian sibuk dengan hubungan Tuhan tapi lupa bahwa hubungan sesama manusia pun perlu di lakukan ...vertikal dan horizontal agar seimbang
Maafkan saya yang masih fakir ilmu tapi jika ada sedikit saja dari kalian yang bisa memberikan alasan masuk akal, mungkin saya pun bisa mengganti kata iya dengan bukan
Maka, tidak salah jika kehancuran tsb bukan karena faktor luar tapi karena faktor di dalam yang kalian sendiri belum paham
Jika sudah menemukan alasan tsb, silahkan menghubungi saya kembali

Hamba Allah yang sedang belajar hijrah tapi harus tetap manusia #itusaj

Alhamdulillah sore tadi dapat undangan dari ukhti solehah untuk nonton #KetikaMasGagahPergi di #Blitz #GrandIndonesia

Ceritanya bagus sesuai sama novelnya bunda #Helvy dan gak sabar pengen nonton #KetikaMasGagahPergi #KMGPPart2
Dari film ini yang menurut saya agak ganggu yaitu jenggotnya Mas Gagah yang terlalu kelihatan tempelannya, mungkin lightingnya terlalu terang atau kamera nya yang canggih...hehehe

Aktingnya #WulanGuritno disini hebat banget dengan perannya sebagai ibu dari Mas Gagah dan aktingnya Gita yang menurut saya pas dengan umurnya yang menjadi Dek Manis Masnya yang protes karena kakaknya sekarang berbeda... Well...menurut saya 7/10 bintang untuk film #KMGP #Part1 ini dan gak sabar nunggu yang ke 2 sambil nungguin aktingnya Ustad Salim... Sukses buat #KMGP nya teruslah berdakwah dengan cinta
#11032016

To my darling niece,

Happy Birthday! You have made the last seven years so interesting, so wonderful, so much fun, and so full of love that I couldn’t begin to thank you.

The last seven years has been full of ups and downs for the both of us, but in your 2.100 days on Earth you’ve done it all with such strength, humor, and grace.

You’re smart. You’re beautiful. And you’re the independent little kid I know - with a killer request. You’re the only person I know who can light up a room the way you do when you speak, laugh, sing, and when you smile that shy/sly little smile.

You’ve overcome more in your seven years than some people have in their entire lifetime and you’ve made me, and your whole family, better for having watched you grow so much in such a little time. You make all the progress you’ve made look effortless. You remind us just how special you are.

When I met you for the first time, you were just over one day new baby born , tiny, cute, and you were absolutely perfect. I become the first person to give your name Aurel and chinese blood really running in your skin - except your uwa, thats me. Seven years later people have tried to label you, break you, damage you and, yet, here you are…still absolutely, positively perfect.

Thanks for seven years of laughs and smiles. Thanks for all the sing-alongs. Thank you for saying/shouting/yelling/exclaiming, “Uwa” with such unabashed glee that it melts even my cold heart. Thank you for all the eskimo kisses, real kisses, and biggest bear hugs. Thanks for being my BFF. Most of all, thank you for just being you. Because, as you’ve proven, that’s all you ever needed to be for my unconditional love.
xo.
Uwa Fitri

Ini dia puisi terkenal yang diambil dari buku Tausiyah Cinta,....

Bagaimana caranya menjelaskan rindu kepada seseorang yang entah siapa dan dimana saat ini.

Untukmu yang jauh disana, terkadang mata ini iri kepada hati, karena kau ada di hatiku namun tak tampak di mataku.

Aku tidak memiliki alasan pasti mengapa sampai saat ini masih ingin menunggumu, meski kau tak pernah meminta untuk di tunggu dan diharapkan.

Hati ini meyakini bahwa kau ada, meski entah di belahan bumi mana.
Yang aku tahu, kelak aku akan menyempurnakan hidupku denganmu, disini,di sisiku.

Maka, saat hatiku telah mengenal fitrahnya, aku akan berusaha mencintaimu dengan cara yang di cintaiNYA.

Sekalipun kita belum pernah bertemu, mungkin saat ini kita tengah melihat langit yang sama, Tersenyum menatap rembulan yang sama.
Disanalah, tatapanmu dan tatapanku bertemu.

#tausiyahcinta #SomedayDear

Film Islami yang Wajib Ditonton oleh Moslem atau Moslemah

Kemarin pagi abis nobar Tausiyah Cinta di XXI Epicentrum Kuningan dan udah penasaran banget sama ceritanya karena sempat kelewat pas ada undangan screening film ini
Film ini benar" berbeda dari film religi lainnya dimana menurut saya yang masih faqir ilmu, film ini bebas dari sentuhan yang bukan mahram, percintaannya pun dalam koridor islam dan menariknya bagi saya yaitu film ini memberikan pelajaran kehidupan dari setiap pertemuan antara satu tokoh dengan tokoh yang lainnya.
Sempat tertipu juga dengan poster filmnya dimana ada Rein di tengah dan ada Azka dan Lefan yang berada di sebelah kanan dan kiri yang saya pikir Rein akan memilih satu diantara mereka, tetapi jawabannya adalah bukan mereka berdua tetapi pada sosos lelaki yang sekitar 15 menitan berada di penghujung film yang menjadi jodohnya Rein.
Banyak pelajaran penting yang didapat dari scene sederhana yang bagi saya tipe mellow , selalu menangis saat menontonnya , yaitu sbb :
@ Adegan dimana kakak perempuan Lefan sadar perkataan Lefan benar bahwa dia bisa saja sibuk berdakwah dan takut akan api neraka tapi dia tidak takut kalau keluarga nya yang akan masuk neraka
@ Adegan dimana Azka ngobrol ke Lefan bahwa Allah tidak akan menciptakan satu jiwa dua hati. Saat hati jenuh pada mahlukNya, itu tanda hatimu sedang diarahkan kepadaNya
@ Adegan dimana Rere bilang kalau tampan itu berdurasi tapi ketaatan lah yang .... (Ini saya lupa lengkapnya :p )
@ Adegan saat Fatih yang diperankan oleh Irwansyah menasehati Azka bahwa Orang yang beriman saja diuji oleh Allah keistiqomahannya

Dan banyak lagi scene-scene yang benar-benar bikin mata saya sembab , sadar bahwa hijrah saya ini masih seujung kuku...

Yuk, saudara-saudaraku beramai-ramai nonton film yang penuh tausiyah ini...cermati dan bagikan pesan kebaikan bagi saudara" kita diluar sana....

Mari berdakwah bagi diri sendiri dan menjadi teladan bagi sekeliling kita dengan penuh keikhlasan dan keridhoan

Untuk para JoNes alias Jomblo Happiness seperti saya,...dekati Allah dekati...Allah akan mengasihi hambaNya yang meminta...in sya Allah jodoh kita sedang dalam perjalanan dan mari kita memantaskan diri dengan ilmu agama dan penuh kesyarian

#itusaja

Day 1 : Curug Cilember

Bismillah, perjalanan jalan-jalan saya dan Ratih dimulai dari pengen liburan akhir tahun. Awalnya pengen ke Sukabumi tapi gak dapat tiket kereta karena baru kepengen beli itu pas tanggal 29 Des . Terhitung mulai tanggal 1 Jan 2016, kereta Bogor Sukabumi tidak dipesan via web tapi harus datang ke loket maks 1 bulan sebelum keberangkatan

Punya banyak planning liburan tapi yang bisa one day trip aja dan akhirnya memutuskan ke Curug Cigamea dan Curug Seribu yang ada di kaki Gunung Salak. Saya sudah beberapa kali kesana dan menemani Ratih saja karena dia belum pernah ke sana.

Malam sebelumnya, ibu saya bilang ke Curug Cilember,katanya Beliau melihat di TV dan langsung saja saya googling dan informasi yang ada mengatakan bahwa di area Curug Cilember ini terdapat 7 curug yang bisa dikunjungi. Selain itu ada konservatorium kupu-kupu, wah bakalan indah banget pastinya : )

Jam 7 kami menaiki kereta ke Bogor dengan tiket kereta Rp 15.000/orang sudah termasuk deposit Rp 10 ribu yang bisa direfund saat pengembalian tiket kereta. Berhubung kami belum sarapan, kami makan soto berdua Rp 20 ribu dan lanjut naik ankot 01 ke Sukasari dengan bayar Rp 5 ribu/orang. Turun di Sukasari lanjut naik angkot ke Cisarua dan bayar Rp 7 ribu/orang dan turun di Hankam dan ganti dengan naik ojek sebesar Rp 25.000/orang.

Untuk masuk kawasan Curug Cilember, dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15 ribu/orang dan mengunjungi 7 curug yang jalur tracknya bisa bikin dengkul linu. Jalur yang parah dan terjal yaitu menuju Curug 2 dan tidak banyak orang yang ke Curug ini dikarenakan lokasinya yang tinggi dan jalur nya terjal dan sulit untuk dilalui. Alhasil dari 7 Curug ,kami hanya berhasil mengunjungi 3 Curug yaitu Curug 7,Curug 5 dan Curug 2.

Dari Curug 2 ,kami mengalami kendala karena kami tidak bisa turun dikarenakan jalur track yang kami sempat naiki kini penuh dengan lumpur dan licin. Saya saja sampai jatuh 2 kali bolak balik. Anehnya kami bertemu dengan guide yang menjadi guide bagi pasangan Arab dan dia sama sekali tidak menolong kami untuk bisa turun....daammm

Alhamdulillah, Allah mengirimkan bantuannya untuk kami dimana ada anak-anak remaja sekitar 4 orang dan 2 dari mereka menawarkan bantuan ke kami supaya bisa turun dari areal yang licin dan terjal tersebut. Setelah turun pun, kami ditawari beristirahat sebentar di tenda mereka.
Oh iya, mereka ini adalah anak-anak dari SMP dan STM yang ada di Cibarusah Cikarang dan moral mereka amatlah bagus dibandingkan guide yang tidak menolong kami sama sekali

Selesai dari Curug Cilember, kami naik ojek dengan biaya yang sama Rp 25 ribu/orang dan naik angkot ke perempatan Ciawi menuju Sukabumi dengan membayar Rp 5.500/orang. Dari Ciawi kami naik bus ke Sukabumi dengan membayar Rp 15 ribu dan tidur diperjalanan karena perjalanan Ciawi - Sukabumi memakan waktu sekitar 3-4 jam dan kami mencari penginapan murah di Jalan Bhayangkara di wisma Melati tapi ternyata sudah penuh karena moment malam tahun baru.

Alhamdulillah nya kami ditawari oleh istri supir angkot untuk tidur di rumah kontrakannya karena mereka habis jalan-jalan sekeluarga dan supir angkot tidur di pull angkot. Kami ditawari untuk menginap semalam dan izin untuk bersih-bersih dan istirahat untuk besok subuh kami melanjutkan untuk ke Situ Gunung dan Curug Sawer

#Day1 #SyariBackpacker #31122015 #CurugCilember #Bogor #Sukabumi

Setelah numpang menginap di rumah keluarga yang baik hati di daerah Cikatomas,jam 6 kami naik ojek menuju desa Sawarna untuk mengunjungi Pantai Tanjung Layar.

Dari Cikatomas kami naik ojek dengan biaya ojek Rp 75 ribu/orang. Jalur menuju Desa Sawarna cukup jauh dan jalurnya pun naik turun.

Tempat pertama yang kami kunjungi bukan Tanjung Layar tapi tukang ojek membawa kami ke area Goa Langir yang berada di ujung pantai.

Pantai ini sangat indah dan memiliki pasir putih dan tidak banyak orang yang kesini dan kami nyaman berada disini.

"Goa Langir - Kanekes - Harta Karun"

Di kawasan Goa Langir ini , kita dapat melihat 3 gua yaitu Gua Langir, Gua Kanekes dan Gua Harta Karun

Kami sempat memasuki Gua Langir tapi hanya beberapa meter saja karena dalam Gua begitu gelap walaupun saya membawa senter

Ada Gua Harta Karun yang konon katanya Gua ini adalah Gua penimbunan harta oleh orang Jepang...

Pantai Tanjung Layar

Alhamdulillah, akhirnya kami berhasil menginjakkan kaki di kawasan Pantai Sawarna khususnya Pantai Tanjung Layar.

Banyak pengunjung yang mengunjungi pantai ini dan sebelum memasuki kawasan Pantai, kita harus melewati jembatan gantung dan dikenakan tarif masuk Rp 5 ribu/orang.
Dekat dengan Pantai Tanjung Layar , ada Pantai Pasir Putih dan Pantai Ciatir

Dalam 1 kawasan kita bebas berkeliling menikmati pemandangan laut dari berbagai Pantai Pesisir yang ada

Setelah puas berfoto dan mengunjungi Pantai, kami bergegas pulang menuju Gunung Batu naik elf ke Pelabuhan Ratu dengan membayar Rp 20 ribu/orang.

Dari Pelabuhan Ratu ,kami naik Bus MGI jurusan Pelabuhan Ratu - Bogor dengan membayar Rp 45.000/orang. Hujan menemani perjalanan kami menuju Bogor.

Sampai di Bogor, kami mencari makan terlebih dahulu sebagai pengganti makan pagi dan makan siang yang telah kami lewatkan sebelum menaiki kereta ke Jakarta

Dan pukul 9 malam kami tiba di Stasiun Jakarta Kota dan kembali kerumah dengan membawa cerita dan pengalaman baru dari 3 kota yang berbeda tersebut...

Alhamdulillah kepada mereka yang telah menolong kami dalam perjalanan khususnya yang mengizinkan untuk kami menginap

#Day3 #02012016 #GoaLangir #GoaKanekes #GoaHartaKarun #Sawarna #Bayah #SyariBackpacker #MyLifeMyAdventure #AngkotBackpacker #PantaiTanjungLayar #PantaiPasirPutih

Menaiki angkot hijau dari Yogya dengan membayar tarif angkot Rp 4 ribu per orang, kami menaiki bus kecil sejenis metro mini Langgeng Jaya menuju Pelabuhan Ratu untuk ke Bayah dimana ada Pantai Sawarna yang kami tuju sebagai destinasi terakhir dari pengembaraan kami (tssaah :)

Kami naik Bus Langgeng Jaya dengan membayar Rp 25 ribu dari Terminal Sukabumi dan ngetem nya angkot ini di Cibadak Sukabumi sangatlah lama ,hampir 1 jam kami didalam bus...fffiiuuuhh

Sampai di Pelabuhan Ratu kami melanjutkan naik Elf ke Bayah dan disinilah saya merasa dendam kepada supir angkot karena dia berhasil menipu saya untuk minta tarif sebesar Rp 35 ribu per orang dimana tarif sebenarnya hanya Rp 20 ribu saja. Lebih gilanya seharusnya untuk menuju ke Sawarna ,turun di Persimpangan setelah Gunung Batu tetap kata Supir elf tersebut kami lebih baik turun di Cibabayah yang masih cukup jauh kalau dari Gunung Batu.

Sepanjang perjalanan dari Pelabuhan Ratu menuju Bayah, kami disuguhkan pemandangan laut dari Pesisir pantai Pelabuhan Ratu. Jalan menuju Bayah saya bilang cukup menantang dimana jalanan tersebut curam dan mempunyai tikungan yang tajam

Setelah di Gunung Batu,saya alasan mau ke mesjid dan diturunkan oleh supir tersebut di Cikatomas dan tiba disana sekitar jam 5.50 sore dan hari sudah gelap.
Alhamdulillah, ada keluarga yang super baik mengizinkan kami untuk menginap semalam sehingga kami bisa besok nya menuju Sawarna.

Keluarga ini bukan saja menawarkan tempat nginap tapi menyuguhkan kami semangkok mie instan dan buah manggis...sayangnya kami lupa menanyakan nama keluarga ini.

Ada hal baik dimana saya masih belum rela ditipu Rp 35 ribu per orang hingga harus turun di Cikatomas, yaitu kami masih bisa menginap dengan nyaman di rumah keluarga yang super baik ini....Allah selalu menolong perjalanan kami.

Makan mie tersebut adalah makan malam sekaligus makan siang yang kami belum sempat nikmati karena harus naik bus dari Sukabumi menuju Pelabuhan Ratu. Setelah makan malam , kami pun beristirahat untuk besok pagi-pagi menuju Sawarna

Perincian biaya per orang :

Angkot ke dari Yogya menuju Terminal Sukabumi : Rp 4.000
Bus Langgeng Jaya (Sukabumi - Pelabuhan Ratu) : Rp 25.000
Elf Pelabuhan Ratu - Bayah : Rp 35.000

Total Rp 64.000

#Day2 #Sukabumi  #PelabuhanRatu #Bayah #Cikatomas #SyariBackpacker #MyLifeMyAdventure #AngkotBackpacker #01012016

Day 2 at Sukabumi "Situ Gunung"

Setelah numpang nginap di rumah salah satu warga di Sukabumi, Saya dan Ratih mengunjungi Situ Gunung.

Dari rumah warga tersebut kami naik angkot warna biru sampai Polsek Cisaat dengan membayar Rp 4.000/orang. Dan dilanjutkan naik angkot merah dengan membayar Rp 10.000/orang.

Setelah tiba di pintu masuk, kami dikenakan tiket masuk sebesar Rp 18.500/orang dan bebas mengelilingi kawasan ini. Tempat ini menawarkan keindahan alam dimana pohon-pohon besar banyak bertengger diiringi kicauan burung.

Masih di area yang sama, kita bisa mengunjungi Curug Sawer dengan rute mengelilingi gunung dan lembah.

Curug Sawer

Setelah puas menikmati pemandangan di Situ Gunung,kami menuju ke Curug Sawer yang masih dalam 1 area dengan kawasan Situ Gunung ini.

Alhamdulillah, saat kami ingin menuju ke Curug Sawer,ada seseorang yang baik menawarkan untuk pergi bersama kami menuju kesana tapi dia hanya sampai pertigaan saja dan itu amat sangat membantu perjalanan kami

Setelah kami berpisah di pertigaan dengan seseorang ini, kami menuju Curug Sawer dengan area mengitari lembah Gunung. Jalur track menuju Curug tidak terlalu sulit seperti jalur track ke Curug 2 di Curug Cilember Bogor tetapi cukup membuat lelah karena rutenya sangat panjang

Kelelahan tersebut terbayar saat kami tiba di curug Sawer ini dengan kesejukan lembah dan keindahan air terjun serta beningnya air di kali tersebut.

Untuk kembali dari Curug Sawer ini tidak perlu kembali ke rute yang sama tetapi kita tinggal jalan dengan rute setapak yang teramat mulus hingga tiba di pintu Curug Sawer yang berbeda dengan pintu masuk menuju Situ Gunung

Kami kembali menaiki angkot merah menuju Polsek Cisaat dengan membayar lebih murah dari biaya kami pergi yaitu sebesar Rp 8 ribu untuk berdua dan mampir makan di Warung Sunda dengan makan nasi rames total Rp 24 ribu saja untuk berdua

Dan perjalanan kami pun dilanjutkan menuju ke Selabintana dan Pondok Halimun dengan menaiki angkot hijau No 08 menuju Yogya di pusat kota Sukabumi.

Selabintana dan Pondok Halimun

Setelah naik angkot 08 membayar Rp 4 ribu per orang dari Polsek Cisaat menuju Yogya di pusat kota dan naik angkot merah menuju Selabintana dengan membayar Rp 4 ribu per orang.

Selabintana adalah resort dan conference meeting dan kami hanya sampai di pintu gerbang saja karena menurut kami didalam tempat ini hanya sedikit yang kami bisa nikmati. Untuk masuk ke Selabintana ,dikenakan tiket masuk Rp 5 ribu per orang.

Dari pintu masuk Selabintana kami menuju Pondok Halimun di Kaki Gunung untuk melihat perkebunan teh Goal Para. Awalnya kami ingin naik ojek dengan tarif Rp 20 ribu/orang tetapi berhubung ojek nya hanya 1 dan ada angkot yang mau narik borongan dengan harga ojek,akhirnya kami naik angkot merah menuju Pondok Halimun.

Sebenarnya menuju Pondok Halimun bisa lebih murah jika naik dari Yogya langsung dengan membayar Rp 10 ribu/orang saja tapi ya sudahlah,ini pun pengalaman baru kami...hehehe

Di area Pondok Halimun terdapat rekreasi keluarga dimana anak-anak bisa bermain air di kali yang tidak terlalu besar dan sekitar 2 km ada Curug (kami lupa namanya) tapi berhubung kami ingin ke Bayah untuk mengunjungi Pantai Tanjung Layar, kami pun bergegas kembali dari Pondok Halimun hingga tak sempat foto-foto dengan menaiki angkot merah dengan membayar Rp 10 ribu/orang menuju Yogya dan naik angkot hijau menuju terminal Sukabumi

Bersambung....

Perincian biaya pengeluaran per orang :

Angkot rumah warga ke Polsek Cisaat : Rp 4.000
Angkot merah ke Situ Gunung : Rp 10.000
Tiket masuk Situ Gunung : Rp 18.500
Angkot merah balik ke Polsek Cisaat : Rp 4.000
Makan di Warung Sunda : Rp 12.000
Angkot hijau no 08 ke Yogya : Rp 4.000
Angkot dari Yogya ke Selabintana : Rp 4.000
Angkot dari Selabintana ke Pondok Halimun : Rp 20.000
Tiket masuk ke Pondok Halimun : Rp 2.500
Angkot merah dari Pondok Halimun ke Yogya : Rp 10.000
Angkot dari Yogya ke Terminal Sukabumi : Rp 4.000

Total Pengeluaran Rp 93.000

#Sukabumi #Selabintana #PondokHalimun #KebunTehGoalPara  #CurugSawer #SyariBackpacker #MyLifeMyAdventure #01012016 #AngkotBackpacker #Day2

〰〰〰RESUME〰〰〰
       �� 28/Oktober/2015

  ▫THE RABBANIANS▫
       �� THE WAY��
.: Kerennya Al-fatihah Part.04 :.
     :: Ustadz. Ibnu Bakri ::

    �� بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم��

��
اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ
��
"Tunjukilah kami jalan yang lurus," (QS Al-Fatihah 1:6)

وَأَنَّ هَٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

��"dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa." (QS Al-An'am 6:153)

��Seumpama jalan yang lurus disampingnya ada pagar disetiap pagar itu ada pintu-pintu yang terbuka disetiap pintu itu ada kain yang diangkat menutupi didepan jalan tersebut ada yang menyeru "hai manusia ayo masuk ke jalan lurus ini jangan berbelok" sedangkan pintu yang dibuka, ituu ada yang menyeru "janganlah kamu membukanya" jika kamu masuk kedalam kamu akan terprosok kedalamnya.

▫kemudian jalan yg lurus adalah islam
▫pagar batasan allah
▫sedangkan pintu2 itu adalah ke haraman
▫sedangkan yang menyapa di depan adalah alquran
▫sedangkan yang di atas shiroth adalah malaikat

♦ Abu bakar mendapat gelar as siddiqin : selalu membenarkan perkataan rasul, contohnya perjalanan Isra Miraj

Anjuran mengikuti sahabat,dituangkan dalam alquran, allah ridho terhadap mereka yang mengikuti sahabat:

��
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
��
"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar." (QS At-Taubah 9:100)

��imam syafii muhammad bin idris 150 H, wafat 204 H, : "Mereka para sahabat di atas kita, dalam setiap ilmu akal pemaham istijhad"
pendapat sahabat lebih layak diikuti dibanding pendapat kita.
��imam ahmad : "diatas pokok sunnah disisi kami adalah berpegang pada sahabat"
��jadi ulama sahabat bersependapat menjadikan sahabat rasul sebagai acuan.

��
صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
��
"(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS Al-Fatihah 1:7)
Berdasarkan Surah al-fatihah
��siapa yang dibenci? siapa yang sesat? yaitu yahuudi, dan yang sesat yaitu nasrani
��mengapa yahudi ? punya ilmu dan tahu kebenaran , bahkan mereka mengerti seperti anaknya sendiri, hanya dia tidak mengamalkan
��nasrani , rajin beramal tanpa ilmu sehingga membuat2 amalan, dan ibadah2 baru.

�� jadi jalan yang lurus adalah ilmu dan amal.
selama hayat masih ada maka tuntutlah ilmu.

jika dia berilmu namun tidak beramal seperti yahudi  ��
jika dia beramal namun tidak berilmu seperti nasrani ⛪

✒imam ahmad : saat memegang tinta, kemudian muridnya bertanya
"sampai kapan kau pegang pena(belajar) itu? sampai wafat"

�� sebab jika kita tidak berilmu susah untuk melihat kebenaran,orang bingung menuntut ilmu bersungguh2 sehingga mendapat kebenaran.sedangkan bingung tidak mau menuntut ilmu maka mengada2 ibadah.

��Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china, ==> hadits dhaif

��sifat sifat penduduk neraka tidak menggunakan , mereka punya hati namun tidak digunakan untuk allah,mereka punya mata tidak digunakan untuk melihat firman-Nya, mereka punya telinga tetapi tidak mendengar firman-Nya, mereka itu seperti binatang ternak bahkan lebih sesat.

��
orang yang diinginkan kebaikan, dia ingin mengetahui ilmu allah
orang yang tidak diinginkan kebaikan, dia tidak ingin mengetahui agamanya

��"Barang siapa ingin dimudahkan jalan ke surga maka tuntutlah ilmu"

✨para pemuda, semangat kita kobarkan untuk menuntut ilmu supaya ketika menjalankan dakwah berdasarkan ilmu,jangan hanya semangat semata wayang, karena semangat itu bagai angin ribut,
maka semangat itu kita salurkan untuk menuntut ilmu

��Sahabat Rasul:
Kami mempelajari 10 ayat 10 ayat sebelum kami paham kami tidak akan menambahnya,
setelah sudah paham maka menambah lagi.

��"Sesungguhnya kamu muhammad tidak bisa memberikan hidayah kepada siapa yang kamu kehendaki"

��allah memberikan hidayah kepada mereka yang mau, allah tidak berikan kepada mereka yang mau, allah akan berikan hidayah kepada mereka yang mencari hidayah.

��orang orang yang tidak mau mendapatkan hidayah maka allah tidak akan memberikan. mereka yang bermaksiat sebenarnya dihatinya menginginkan hidayah.

��"Cerita seorang Pembunuh 100 orang yang bertaubat, dan akhirnya allah terima taubatnya"
Kisah para WTS yang didakwahi, yang masih mempunyai fitrah, allah masih memberikan secercah cahaya dihatinya.

��orang yang menuntut ilmu namun hatinya buruk, sesuai hawa nafsu, bukanya mencari kebenaran tapi pembenaran adalah sesat
��hati itu tempatnya hidayah maka persiapkan hati itu dengan benar, bersihkan dari penyakit2 hati.

��alfatihah diturunkan 2x di mekkah dan madinah, alfatihah adalah surah paling agung dalam alquran.

��islam itu bagaikan kepala, sedangkan adat istiadat bagai helm, helm yang mengikuti kepala,
islam tidak menolak adat tapi juga tidak juga menerima secara keseluruhan, kapan diterima dan ditolak?
��setiap adat yang bertolak belakang dengan syariat islam maka di tolak. dengan kebudayaan2 berbau syirik maka wajib ditolak , itu kenapa para nabi ditolak oleh kaumnya karena menolak tradisi yang berbau syirik

��dan kapan boleh dilakukan?
��jika adat itu selaras dengan islam maka boleh dijalan, jika tidak ada kekhususan dalam alquran, maka bisa diserahkan kedalam adat istiadat. adat istiadat bisa dijadikan hukum hanya saja tidak boleh bertabrakan dengan hukum syariat

������
"Penghancuran pemahaman terhadap "pilih yang kafir tapi bersih" , lebih baik memilih muslim yang bersih"
������
Tugas kita mengembalikan kaum muslimin ke Islam

Resume By : Itajes ����
Kritik : 0⃣8⃣1⃣2⃣9⃣3⃣6⃣7⃣9⃣6⃣6⃣0⃣